FPI-DKI.Com - Jakarta, Kedangkalan ilmu seseorang itu terlihat dari ucapannya yang tidak membawa manfaat. Kata kata inilah yang pantas untuk seorang Agus Maftuh. Dengan statementnya Serobot Doa yang dituduhkan kepada Al Habib Muhammad Rizieq Shihab pada saat prosesi pemakaman Al Maghfurlah Mbah Yai Maimun Zubair membuat malu Indonesia karena memiliki seorang Duta Besar yang tidak Profesional, Proporsional dan Kredibel.

Secara Hukum Fikih, kewajiban orang yang masih hidup terhadap orang yang sudah meninggal dunia itu diantaranya mensholatkan dan mendoakan. Sholat jenazah yang dilakukan dan doa yang dibacakan oleh Al Habib Muhammad Rizieq Shihab untuk Al Maghfurlah Mbah Yai Maimun Zubair adalah sangat tepat. Kenapa demikian ?

1. Sholat jenazah yang dilakukan Al Habib Muhammad Rizieq Shihab karena menjalankan Hadits Nabi Muhammad SAW :

عن أبى هريرة : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من تبع جنازة وصلى عليها فله قيراط. ومن تبعها حتى يفرغ منها فله قيراطان. اصغرهما مثل أحد أو احدهما مثل أحد (رواه البخاري ومسلم وأبو داود والترمذى والنسائ وابن ماجه)

Dari Abi Hurairah RA : Nabi SAW bersabda : Siapa saja yang mengiringi jenazah lalu dia mensholatkannya, maka baginya pahala satu qirath. Dan siapa saja yang mengiringinya sampai selesai propesi pemakamannya, maka baginya pahala dua qirath. Yang terkecil diantara dua qirath itu seperti gunung Uhud. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasai dan Ibnu Majah)

2. Doa yang dibacakan Al Habib Muhammad Rizieq Shihab karena menjalankan Hadits Nabi Muhammad SAW :

عن أم سلمة قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إذا حضرتم المريض، أو الميت فقولوا خيرا، فإن الملائكة يؤمنون على ما تقولون. قالت : فلما مات أبو سلمة أتيت النبي صلى الله عليه وسلم، فقلت : يا رسول الله إن ابا سلمة قد مات، قال : {قولي : اللهم اغفر لي وله وأعقبني منه عقبى حسنة} فقلت : فأعقبني الله من هو خير منه {محمدا صلى الله عليه وسلم} (رواه مسلم وأبو داود والترمذى والنسائ وابن ماجه وأحمد)

Dari Ummi Salamah : Nabi SAW bersabda : Apabila kalian mendatangi orang sakit atau jenazah, maka ucapkanlah yang baik baik, karena Para Malaikat mengaminkan apa yang kalian katakan. Ummi Salamah berkata : Ketika Abu Salamah wafat, aku datang kepada Nabi SAW, lalu aku berkata : Wahai Rasulullah Abu Salamah telah wafat. Nabi SAW bersabda : {Bacalah wahai Ummi Salamah : Allahumma ighfir liy wa lahu, wa a'qibniy 'uqban hasanah}. Lalu aku (Ummi Salamah) berdoa : Fa a'qobaniyallahu man huwa khairun minhu {Muhammadan SAW}. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasai, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Dua Hadits inilah yang menjadi dasar Al Habib Muhammad Rizieq Shihab mensholatkan dan mendoakan Al Maghfurlah Mbah Yai Maimun Zubair.

Mencari ketenaran tidak pernah ada dalam diri Al Habib Muhammad Rizieq Shihab, karena Beliau sudah tenar baik di Indonesia maupun di dunia.

Jadi, istilah Serobot Doa yang dilontarkan Dubes Indonesia untuk Saudi Arabia Agus Maftuh, sangat tidak mendasar dan menunjukkan kedangkalan keilmuannya. Oleh karenanya, Agus Maftuh harus segera dicopot sebagai Dubes Indonesia untuk Saudi Arabia dan segera meminta maaf kepada Al Habib Muhammad Rizieq Shihab melalui Media Elektronik.


(Oleh : Salman Al Farisi Ghozali) 
Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda